Senin, 05 Mei 2014

Komponen yang sudah beredar di Indonesia (tanpa gambar) yang wajib diketahui berdasar kualitasnya

1. Resistor,
a.) resistor kawat nekelin/resistor sekring warna abu-abu kusam/kotak putih bernilai hambatan kecil fungsinya sebagai pembatas arus,pengaman pada rangkaian umumnya tersedia dalam daya 1/2 sampai 20watt. Mudah mati.
b.) resistor karbon warna kuning tua/coklat muda dengan gelang warna 4, ini adalah resistor yang banyak dipakai karena harga yg termurah dan kualitas standar. umumnya tersedia dari 1/8 sampai 2 watt.
c.) resistor metal film warna biru muda/tua dengan gelang 5 atau 6, untuk diaplikasikan di rangkaian berkualitas baik kepekaan, kehalusan dan mutu yang baik. tersedia dari 1/8 - 2 watt. Eh catatan jika menemukan berbentuk seperti ini warna hijau atau biru muda dengan 4 gelang warna agak gemuk itu adalah inductor ya bukan R metal film hati-hati.
d.) resistor keramik SMD (surface mount device) warna hitam kotak kecil memakai kode angka untuk nilainya tersedia dari 1/16 - 1 watt sekarang mulai marak diaplikasikan di semua peralatan elektronik dan dibenci oleh tukang service elektronik emang R SMD salah apa ya?
2. Kondensator,
a.) Keramik kualitas rendah warna coklat/hijau kusam nilai pf,nf bentuk bulat pipih atau kotak agak bulat pipih, harga murah dan baik untuk RF band rendah, sering bocor frekuensi. Kasus ada suara radio AM masuk ke Ampli ya karena keramik ini yg basah/bocor
b.) Keramik kualitas tinggi warna mengkilap atau biru muda untuk tegangan diatas 100v
c.) Mylar, warna hijau atau merah mengkilap, kualitasnya lebih halus dari keramik a/b diatas.
d.) MKM, warna kuning atau biru bentuk kotak rapi, kualitas lebih bagus dari a/b/c.
e.) Tantalum, bentuk bulat lonjong kecil, kualitas paling baik tapi harganya gak ramah bisa juga untuk mengganti elko kapasitas kecil.
f.) elko, berbentuk tabung, semakin berat rapi dan cetak sablonnya bagus menentukan kualitasnya (harga gak bohong).
g.) Kondensator SMD mirip R SMD warna coklat kotak kecil biasanya tanpa dituliskan nilai. Kualitas setara c dan d.

Silahkan rekan-rekan lain tambahkan ya. Makasih sudah dibaca dijempol dan dikomentari, kalau kurang mohon koreksi namanya manusia pasti ada salahnya tapi tujuannya baik tanpa maksud menjerumuskan. Selamat pagi selamat bekerja dan yuuuk ngopi dulu ben ora edan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar