Senin, 24 Februari 2014

KERUSAKAN LAYAR LCD

Service tv lcd ini sebenarnya sudah agak lama, cuma baru sekarang teringat untuk menulisnya disini. Waktu itu saya lagi banyak-banyaknya mengerjakan barang dari Eropa yang hampir semuanya tv, baik itu tv lcd maupun tv plasma. 

Mengenai tv plasma sudah pernah saya bahas dalam tulisan: pengertian tv plasma, kalau berminat silahkan dibaca. Sekarang saya mau menceritakan pengalaman service lcd tv 20 inch, layarnya sudah HD screen, tapi saya lupa untuk menulis model maupun mereknya. Pokoknya bodynya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, dari logonya itu saya agak-agak ingat tapi mendingan tidak saya tulis disini, daripada nanti salah tulis. 



Tv lcd tersebut rusak mati, power masih ada tetapi gambar tidak muncul. Setelah diperiksa ternyata tegangan yang bermasalah adalah 12 volt yang masuk ke bagian inverter. Apabila soket blok inverter dibuka, semua tegangan normal, baik tegangan 5 volt yang ke IC program maupun tegangan yang kebagian tuner.

Memang kalau nasib lagi mujur kerusakan yang ditemui juga tidak akan menyulitkan. Ternyata salah satu elco dibagian inverter rusak, ditandai dengan kondisi fisiknya yang menggembung. Elco tersebut nilainya 1000 uF / 25 volt. Setelah elco tersebut diganti, layar lcd sudah mengeluarkan gambar.



Saatnya melakukan pengetesan, menguji satu persatu soket inputnya. Soket dvd normal, soket av normal (testing dengan ASTRO tv cable), soket component normal, sedangkan soket antena tidak perlu di test. Untuk pengetahuan, rata-rata tv yang diimport dari Eropa tidak dapat digunakan untuk menangkap siaran tv. Ini dikarenakan sistem pemancar yang digunakan antara Eropa dan Asia tidak sama, mengenai perbedaan sistem pemancar bisa membaca disini: standar televisi  PAL dan NTSC. 

Demikianlah sedikit ulasan saat saya mengerjakan tv lcd, kebanyakan tv lcd yang saya perbaiki waktu itu semua OK, karena memang kerusakannya tidak terlalu rumit untuk dianalisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar