Selasa, 18 Februari 2014

Menguji Triac dengan AVO Meter

Cara menguji triac menggunakan multimeter.

 Sebuah multimeter dapat digunakan untuk menguji kesehatan triac. Pertama menempatkan saklar multimeter pada mode resistensi yang tinggi (katakanlah 100K), kemudian hubungkan kabel positif multimeter ke terminal MT1 triac dan negatif ke terminal MT2 dari triac (tidak ada masalah jika Anda membalikan koneksi). multimeter akan menunjukkan pembacaan resistensi yang tinggi (rangkaian terbuka). Sekarang tempatkan saklar multimeter ke mode resistensi yang rendah, hubungkan MT1 dan gate ke terminal positif dan MT2 ke terminal negatif. Multimeter sekarang akan menunjukkan pembacaan resistansi rendah (menunjukkan saklar ON). Jika tes di atas adalah hasilnya positif maka kita dapat mengasumsikan bahwa triac sehat. Selain itu tes ini tidak berlaku untuk triacs yang memerlukan tegangan tinggi dan arus untuk memicu.
Ini adalah pendekatan lain untuk menguji triac. Hampir semua jenis triacs dapat diuji dengan menggunakan rangkaian ini. Rangkaian ini tidak lain hanyalah pengaturan sederhana untuk menunjukkan prinsip dasar dari triac. Hubungkan rangkaian triac seperti yang ditunjukkan dalam diagram rangkaian dan nyalakan switch S2 ON. Lampu harus tidak menyala. Sekarang tekan tombol saklar S1. Lampu harus menyala menunjukkan switching ON pada triac. Bila Anda melepas tombol saklar, Anda dapat melihat lampu padam. Jika tes di atas positif Anda dapat mengasumsikan bahwa triac sehat.

6 komentar:

  1. perbedaan TRIAC dengan SCR apa om

    BalasHapus
  2. Kalau scr di gate di kasih tegangan maka lampu akan on terus.. Kalau triac lampu akan padam.. Triac llebih ke fungsi switching. Kalau scr lebih ke penyearah... Koreksi kalau salah... Tks

    BalasHapus