Rabu, 05 Februari 2014

Mencari Komponen Kanibal

Sudah bukan rahasia umum jika dalam perbaikan sebuah perangkat elektronika,komponen kanibal sangat diperlukan supaya proses perbaikan TV, DVD, Power supply atau apapun itu bisa berjalan lancar.
Bukannya tidak bermodal untuk membeli komponen, namun banyak faktor yang menyebabkan kita sebagai teknisi harus selalu menyediakan komponen kanibal dari mesin lain. Terlebih mesin yang dikanibal adalah mesin yang sama persis dengan barang elektronika yang kita service, akan sangat bermanfaat.
komponen kanibal elektronika Mencari Komponen Kanibal ElektronikaSistem kanibal ini tentunya banyak dilakukan oleh teknisi service yang sudah berpengalaman dimana tentunya banyakmesin tv dari pelanggan yang sudah memang tidak bisa diperbaiki lagi dan biasanya diberikan ke teknisi bersangkutan :p.
Namun untuk pemula pastinya kesulitan untuk bisa melakukan kanibal karena belum mempunyai banyak “barang bekas” namun bermanfaat itu.
Ada satu tips dari saya untuk bisa mendapatkan komponen kanibal ini, yaitu dari pasar loak, terus terang tidak jarang saya mendapatkan komponen yang saya inginkan dari pasar loak.
Tentunya ada teknik teknik tersendiri ketika akan mencari kanibalan ini, saya biasanya selalu membawa AVOmeter kecil untuk setidaknya bisa sedikit mengukur baik tidaknya komponen yang akan saya beli.
Selain harganya yang sangat jauh dari harga toko, terkadang banyak juga komponen yang saat ini sudah tidak terdapat di toko elektronika malah terdapat di pasar loak ini. Cuma ya itu taadi, kita harus sedikit jeli.
Terkadang malah jika memang saya melihat dari satu PCB yang dijual di pasar loak terdapat komponen2 denganpasar loak elektronika Mencari Komponen Kanibal Elektronika merk bagus, saya biasa membeli satu PCB tersebut, karena pernah satu ketika mendapat kerusakan elco osilator switching untuk power supply TV diganti dengan komponen baru, lokal, malah tidak mau hidup, sedangkan saya coba dengan komponen dari pasar loak malah bisa berfungsi dengan baik.
Pastinya rekan teknisi juga memiliki stok komponen kanibal bukan ? icon smile Mencari Komponen Kanibal Elektronika
Bagi yang belum punya, selamat berburu komponen kanibal icon biggrin Mencari Komponen Kanibal Elektronika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar