Selasa, 04 Februari 2014

Rangkaian Regulator Rectifier atau Kiprok untuk Sepeda Motor


Para penggemar sepeda motor tentu diantara anda ada yang dibuat pusing dengan regulator rectifier sepeda motor atau yang suka disebut kiprok yang sering mengalami kerusakan terutama lampunya yang sering putus akibat kerusakan kiprok dan tidak stabilnya tegangan yang dihasilkan dari rangkaian regulatornya. Postingan ini juga sekaligus sebagai balasan untuk anandaWahyu Handono Riyadh yang menginginkan skema rangkaian regulator rectifier alias kiprok. Beliau mempunyai pengalaman pembelian regulator rectifier berkali kali tapi rusak terus meskipun katanya sudah membeli yang asli. Rangkaian regulator rectifier biasanya hanya terdiri dari dioda penyearah yang berfungsi untuk mengubah arus ac menjadi dc dan sebagai pengisi accu dan untuk menstabilkannya biasanya  memakai dioda zener sebagai suplai tegangan ke lampu, klakson dan lainnya.  
Oke langsung aja yah ke TKP seperti apa rangkaian yang akan dikemukakan. Rangkaian Kiprok ini saya ambil dari blognya bang ONIX .  Beliau adalah penggemar sepeda motor Vespa dan suka berkreasi.


Rangkaian ini cukup sederhana namun hasilnya saya kira tidak akan mengecewakan. Rangkaian kiprok ini menggunakan IC LM2576-15V sebagai regulator. Outputnya bisa menghasilkan 15Volt 3Ampere jadi sangat cocok untuk pengisian Accu, input IC ini bisa mencapai 60V jadi sangat aman apabila motor di gas sekencang apapun. Sebagai sumber tegangan diambil dari spull lampu besar seperti pada diagram dibawah ini:
Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar