Rabu, 05 Februari 2014

Sensor Gerak

Sensor PIR ini bisa mendeteksi gerakan kecil dan juga merasakan apakah ada manusia yang pindah keluar jangkauan sensor.
Bagi anda yang belum tahu sensor gerak PIR ini, bentuknya kecil, konsumsi daya rendah dan tidak mudah aus dengan hargayang cukup lumayan. Selain disebut PIR juga sering disebut PiroElektrik atau IR gerak. Bedakan dengan sensor cahaya yang kemarin saya sempat bahas juga, keduanya sering digunakan di rangkaian sensor. Berikut ini adalah bentuk dari sensor PIR :
Sensor gerak PIR Komponen Sensor Gerak Dalam Elektronika
Bagaimana cara kerjanya ? Sensor gerak PIR ini bekerja dengan mengukur energi inframerah yang terdeteksi oleh sensor yang ada didalamnya. Mereka tidak memancarkan inframerah sendiri sehingga disebut sebagai pasif. Sedangkan di sensor IR biasa, biasanya diperlukan suatu sinar infra / laser sebagai indikator adanya cahaya yang dideteksi. Kira kira seperti ini cara kerja sensor gerak :
Cara Kerja Sensor Gerak PIR Komponen Sensor Gerak Dalam Elektronika
Energi inframerah ini dihasilkan oleh panas, manusia dan hewan termasuk diantaranya yang bisa menghasilkan panas walaupun kecil, rata rata 9-10 mikrometer energi inframerah.
sensor infra merah Komponen Sensor Gerak Dalam Elektronika
Biasanya jarak jangkauan sensor gerak ini bisa mencapai 5 meter. Cukup efektif dijadikan sebagai sensor gerak bukan ? Perhatikan juga gambar cara kerja PIR diatas, sensor ini tidak bisa mendeteksi berapa banyak jumlah orang yang berada di area jangkauan sensor, hanya bisa merasakan perubahan energi panas / infrared saja.
Berapa harga sensor gerak PIR ini ? bila anda berminat berdasarkan info yang saya peroleh harganya bisa berkisar antara 200 ribuan. Cukup mahal, tapi di tangan orang yang kreatif bisa dijadikan alat / rangkain yang bermanfaat ;).
Sumber gambar : ladyada.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar