Sabtu, 01 Februari 2014

Peluang Membuka Jasa Penulisan Artikel


Halo sahabat yang luar biasa, apa kabar? Semoga super dan baik selalu ya :).
Perekonomian Indonesia tampak sangat bertumbuh saat ini ya? Berbagai peluang bisnis pun bermunculan dan tak sedikit orang yang sudah mau membuka bisnis sendiri. Bicara soal membuka bisnis, di artikel ini saya punya inspirasi untuk sahabat-sahabat super sekalian. Kita akan bahas sebuah ide bisnis peluang usaha modal kecil namun omzet nya bisa luar biasa, apakah ide bisnis tersebut?
Ide bisnis yang akan kita bahas kali ini adalah membuka bisnis jasa penulisan artikel. Seperti apakah konsep bisnisnya? Bagaimana cara memulainya? Berapa modal yang dibutuhkan? Dan berapa perkiraan omzetnya? Mari kita bahas.
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan super yang tadi saya sebutkan, saya mencoba mencari informasi dengan me-wawancarai langsung salah seorang pelaku bisnis jasa penulisan artikel ini. Siapa orangnya?
Dan orang tersebut adalah Ahmad Wibawa. Beliau adalah salah satu teman saya, hebatnya Beliau memulai bisnis ini saat masih berstatus sebagai mahasiswa, jadi bisa punya penghasilan tambahan gitu (buat nambah uang jajan kali ya ). Berikut hasil wawancara yang saya lakukan pada 16 Oktober 2012 lalu melalui Facebook.
——————–

Inilah penampakan mas Ahmad Wibawa :).
Halo mas, semoga perjumpaan kita kali ini menjumpai mas dalam keadaan yang sehat dan penuh semangat serta rezeki yang baik ya?
Aamiin
Oke langsung saja, mari kita lakukan proses wawancaranya.
Mas, kali ini saya mau ngomongin seputar jasa penulisan artikel. Kan kita tahu sendiri bahwa ada banyak bisnis yang bisa kita bangun dengan kemampuan menulis. Nah, Mas kan termasuk salah satu pelaku di industri jasa artikel ini. Sejak kapan sih mas mulai menjalankan bisnis jasa penulisan artikel ini?
Jawab : Saya masih pemula dalam bisnis artikel. Tehitung sejak bulan Juli 2012 lalu.
Oke mas, gimana sih bisnis jasa penulisan artikel itu. Ceritain dong ke kita-kita bagaimana prosedur (proses) sampai dari menulis artikel itu bisa menghasilkan uang. Langkah-langkahnya gitulah mas.
Jawab : Sebenarnya tahapannya sama ketika kita berjualan jasa, bedanya media promosinya melalui internet. Secara khusus saya menggunakan Facebook. Pertama, saya promosi dengan meng-update status di wall. Setelah itu, ada calon klien yang tertarik, dan mulai melakukan tawaran. Nah, setelah terjadi kesepakatan, si klien transfer uang ke rekening saya. So, saya mulai menulis artikel pesanannya.
Mulai hobi nulis, sejak kapan sih mas?
Jawab : Semenjak saya menjadi mahasiswa. Waktu itu saya sering menulis tentang permasalahan kampus hingga negara. Misal, di kampus saya terjadi kenaikan biaya semester. Nah, ketika saya tertarik, ya saya keluarkan segala unek-unek dan pendapat saya melalui tulisan tersebut.
Ohh menarik sekali ya :). Berawal dari hobi kita bisa membangun yang mudah-mudahan sukses besar nantinya. Aamiin.
Oke, kalau mas sendiri, topik artikel yang biasa dibuat apa aja ya?
Jawab : Semua topik. Saya tidak membatasi masalah topik. Karena kalau dibatasi, maka pelanggan terbatas dan rejekinya dibatasi juga dong, he…he.
Wah bener banget tuh Mas, jadi selain bisa dapat penghasilan kita juga bisa tambah ilmu, sebab kalau menulis kan kita butuh baca-baca referensi lain :).
Untuk target pasar, mas biasa menargetkan kalangan mana nih?
Jawab : Para internet marketer. Hampir semua internet marketer memiliki website. Kecuali saya. He.he. Rata-rata dari mereka tidak sanggup apabila diharuskan menulis hingga ratusan artikel untuk website tersebut. disinilah peran saya bekerja. Saya tawarkan jasa artikel kepada mereka, dan alhamdulillah banyak yang menginginkannya.
Terus, kalau kita bicara soal client, biasaya dapat client dari mana saja mas dalam jasa penulisan artikel ini? Pernakah mendapatkan client dari blogger luar negeri?
Jawab : Kalau klien beragam, tapi rata-rata dari pulau Jawa, dan saya belum pernah mendapatkan klien dari luar negeri. Waktu itu ada calon klien dari Italia, dia menawarkan jasa untuk menulis websitenya. Tetapi ada dua kendala yang menyebabkan saya gagal total mendapatkan klien luar negeri, yaitu masalah pembayaran, dan optimasi website. Saya belum memiliki akun Paypal untuk memenuhi ekspektasinya, dan saya juga masih buta soal optimasi website, karena ia minta webnya sekaligus di optimasi. Jadi, gagal deh dapet klien bule.

Nah ini yang menarik mas, kalau bicara omset, sebulan bisa berapa ya? Kira-kira aja deh.. hehe..he.. O iya mas ceritain dong harga pasaran jasa penulisan artikel itu berapa sih?
Jawab : Hehe, omset saya masih kecil, antara 2 juta hingga 3,5 juta rupiah setiap bulan. Kalau harga pasaran artikel, rata-rata 2 ribu rupiah @ 100 kata Bahasa Indonesia, dan 3 ribu rupiah @100 kata Bahasa Inggris. Nah, dilihat dari harga satuan kecil bukan? tapi biasanya sekali pesan seorang klien bisa ratusan artikel. Jadi, omsetnya ya banyak juga.
Wahh keren… lumayan tuh menambah penghasilan :D.
Menurut mas, susah gak sih bisnis jasa penulisan artikel ini?
Jawab : Bisnis ini tidak sulit. kita tinggal promosi melalui facebook dengan menarget pasar ke internet marketer. Lebih bagus lagi, kalau membuat blog dan melakukan optimasi, sehingga blog kita dapat ditemui dengan mudah di Google. Dengan blog, omset kita akan meningkat jauh lebih besar.
Nah, yang sulit kalau seseorang tak memiliki hobi menulis. Ia akan cepat bosan dan tersiksa menjalani bisnis ini. karena, dalam bisnis artikel dituntut ketahanan tinggi untuk menulis sepanjang hari.
Suka duka bisnis jasa penulisan artikel ini apa sih mas? Ceritain dong.
Jawab : Sukanya ya kalau menerima transferan uang dan yang terpenting, kemampuan menulis kita berkembang dengan sangat pesat.
Kalau dukanya, ketika saya kelelahan dalam mengerjakan artikel, atau dimarah klien karena orderan telat dikirim. Tapi yang paling sulit, kita tak bisa memiliki passive income, dan untuk menyiasatinya saya akan mengurangi sedikit pesanan artikel dan mulai menekuni dunia blogging. Hehe..
Mas kan bisnis ini sambil kuliah, tips membagi waktu nya gimana ya? Apakah kuliahnya tidak terganggu?
Jawab : Saya kuliah di siang hari, dan mengerjakan artikel pada pagi dan malam hari. Sejauh ini, jadwal kuliah saya belum terganggu.
Oke mas, ini yang terakhir ya. Prospek bisnis ini ke depannya seperti apa kira-kira? Dan, mohon tips untuk teman-teman yang baru mau membuka bisnis ini dong mas :).
Jawab : Prospek bisnis artikel ini sangat baik, mengapa? Karena saat ini Google amat membenci yang namanya plagiarisme. Jadi, kalau ada blog yang artikelnya menjiplak, bisa di banned dari mesin pencari Google. Nah, dengan pernyataan tersebut, kita sudah mengerti bahwa ribuan internet marketer akan membutuhkan jasa penulis artikel ke depannya.
Oke, kalau teman-teman ingin memulai bisnis jasa penulisan artikel, ada satu hal yang penting yaitu hobi menulis. Tak perlu berbakat menulis dan hebat dalam menulis artikel. Kalau teman-teman hobi menulis maka bersegeralah memulai dan kemampuan menulis akan meningkat sendiri kok nantinya.
Super sekali, terima kasih banyak ya mas. Semoga mas sukses selalu dan tetap semangat.
———————
Wahh menarik sekali ya, ternyata bermodalkan hobi menulis kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan omzet yang begitu luar biasa. Memang selalu ada rezeki bagi mereka yang mau berupaya. Baiklah, sahabat yang super, semoga artikel ini bisa memberi inspirasi dan manfaat bagi Anda.
Tetap semangat dan semoga sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar