Minggu, 02 Februari 2014

Cara Merubah Gelombang Radio Menjadi Listrik



Prinsip kerja dari Radio, adalah menangkap gelombang elektromagnetik, kemudian mengubahnya menjadi gelombang dengan frekuensi yang dapat didengar oleh telinga.
Bagan Radio paling sederhana adalah seperti ini :

Namun bagaimana jika gelombang ini diubah menjadi listrik untuk menyalakan Lampu ? atau minimal LED ?
Ternyata ide ini sudah digagas oleh banyak penemu, salah satunya adalah Tesla ( bahkan sebelum teknologi dioda germanium / silikon ditemukan… itu artinya sebelum teknologi radio diatas ditemukan )
Tesla menamakannya dengan Radiant Receiver ( di internet bisa dicari dengan kata kunci “Tesla Radiant Receiver” )
Gambar skemanya sebagai berikut :

Pada gambar 1 ( Fig 1 ) ada beberapa penyesuaian ( jika ingin dicari persamaan komponen elektroniknya )
1.  Simbol Kapasitor ( C ) yang digambar oleh tesla berbeda dengan simbol kapasitor yang kita kenal sekarang. Namun pada prinsip kerjanya sama yaitu kapasitor ( dua plat yang biasanya almunium yang dipisahkan oleh dielektrik misalnya mika ). Yang berfungsi “menyimpan” muatan listrik secara sementara sebelum digunakan.
2. Simbol Kotak persegi panjang pada bagian atas ( P ) pada dasarnya adalah Antena. Tepatnya adalah antena monopole berbentuk plat ( biasanya berbahan Almunium ). Ya, antena untuk menangkap “listrik” di udara seperti halnya radio menangkap gelombang elektromagnetik.
3. Simbol kotak persegi panjang pada bagian bawah ( P’ ) adalah Ground ( GND ). Yaitu batang logam yang kita tancapkan ke tanah.
Sedangkan untuk Fig 2 dan beberapa dibawahnya, adalah pengembangan.  Misal ada yang dihubungkan langsung ke Transformator buatan Tesla  ( tentunya desain Trafonya berbeda dengan yang kita kenal sekarang ). Adapula yang dihubungkan langsung dengan motor listrik  sekaligus sebagai konsumen listrik yang dihasilkan namun juga berfungsi memperkuat listrik yang dihasilkan )
Nah ide dasar dari tesla sebenarnya adalah menangkap beda potensial listrik di udara ( menangkap gelombang elektromagnetik yang berasal dari matahari maupun gelombang kosmik ) dengan bumi ( ground ).
Dan setelah dipelajari lebih lanjut, udara lebih bersifat positif ( + ) dan bumi lebih bersifat negatif ( – ), sehingga apabila keduanya digabungkan ( dihubungkan ke kapasitor ataupun coil / trafo… akan terjadi akumulasi muatan + dan – sehingga terjadilah arus listrik )
Berapa beda potensial yang bisa dihasilkan ?
He… he… he… klo yang ini ada banyak versi. Tapi yang jelas dari “radio” sederhana saja kita bisa menangkap beda potensial beberapa mili volt. Kemudian apabila dihubungkan dengan ground bisa 1 – 2 volt. Apalagi bila dihubungkan dengan kapasitor dengan kapasitas besar  dan dihubungkan dengan trafo dengan desainnya Tesla. Cukup untuk menggerakkan lampu bahkan pompa air. Really ?
Ya silahkan dicoba dan diotak atik sendiri toh. Kalau mau tahu hasilnya.
Sebenarnya ada alat lain yang cara kerja hampir mirip. Ini nih gambarnya :

Ya “penangkal petir”
He… he… he… mau coba “menangkap petir” ?
Lumayan lho… jutaan volt bisa diperoleh secara gratis.
cuma butuh batang tembaga yang dibuat runcing pada bagian atasnya. Dipasang di tempat yang tinggi. Dihubungkan dengan kabel dan selesai.
oh ya jangan lupa buat ground ( dihubungkan dengan batang tembaga yang ditancapkan ke bumi ) untuk mengamankan dari kelebihan voltase yang ditangkap oleh “penangkap petir” yang kita buat.
yang jelas… don’t try at home… bisa bahaya… salah-salah bisa nyamber kemana-mana tuh petir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar